Search

Aplikasi Ini Memungkinkan Penelusuran via Google di Perangkat iOS - Pikiran Rakyat

GOOGLE Search sekarang tersedia di iMessage yang notabene merupakan aplikasi berbasis iOS,  bukan Android milik Google. Hal tersebut memungkinkan pengguna iPhone dan iPad mencari web, dan dengan cepat menambahkan hasil pencarian tersebut ke dalam percakapan iMessage mereka.

Penambahan itu sendiri terinspirasi oleh kerjasama sebelumnya antara Google dengan Apple, pemilik sistem operasi iOS. Sebelumnya, Google juga membuat aplikasi keyboard untuk perangkat iOS dengan nama Gboard.

Dilansir dari laman techcruch.com, 5 Maret 2018, iMessage Google memungkinkan pengguna iMessage untuk dapat menuliskan hal yang ingin dicari di kotak telusur atau dengan mengetuk tombol di bawah untuk jenis penelusuran tertentu seperti Cuaca, Makanan, Tempat terdekat, Tren, atau Video. Setiap hasil pencarian mencakup tombol “Share” yang dapat menambahkan item itu langsung ke percakapan iMessage. Saat penerima menerima pesannya, mereka akan ditunjukan hasil pencarian Google.

Selain itu, aplikasi iMessage Google menawarkan mesin pencari GIF. Ini tersedia dengan cara mengetuk tombol “GIF” di sebelah kanan kotak telusur, yang akan menampilkan pilihan GIF dari situs seperti Giphy dan Tenor. Pencarian GIF dalah fitur populer di Gboard dalam pembaruan aplikasi pada tahun lalu.

Pengembangan Fitur Gboard

Pengembangan fitur Gboard yang tersedia di iMessage cukup masuk akal karena tidak semua orang ingin mengganti keyboard default di perangkat iOS mereka. Ini juga memberi Google cara untuk menjangkau pengguna iOS.  iMessage adalah satu dari tiga fitur baru yang diumumkan Google hari ini untuk pengguna iOS. Namun, sebenarnya telah tersedia di Google app sejak 7 Februari 2018 menurut SensoR Tower.

Google juga menambahkan dua fitur lain yang mengintegrasikan mesin pencari ke iOS dengan cara baru. Salah satunya adalah pilihan lembar saham baru, sekarang saat pengguna berbagi laman web dari Safari dengan Google ini juga akan menunjukan saran untuk konten terkait. Fitur serupa diluncurkan tahun lalu di aplikasi Google penelusuran. Dengan fungsi berbagi dengan Google yang baru, membuat pengguna dapat berpindah dari halaman web Safari langsung ke hasil pencarian Google.

Pengguna dapat menggunakan fitur drag and drop untuk memindahkan teks, gambar, dan tautan dari aplikasi Google, membagikan artikel dari Google ke iMessage, atau menyimpannya ke Notes untuk dibaca nanti. Semua fitur tersedia mulai hari ini, namun fitur tambahan iMessage saat ini hanya tersedia di A.S., kata Google. (Wizna Hidayati Umam)***

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aplikasi Ini Memungkinkan Penelusuran via Google di Perangkat iOS - Pikiran Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.