Search

Pengguna Android vs iOS, Siapa Lebih Setia? - Detikcom (Siaran Pers)

Jakarta - Sebagai dua sistem operasi ponsel terbesar dunia, iOS dan Android selalu menawarkan fitur-fitur terbaik di dalamnya. Mana yang membuat pelanggannya lebih setia?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menunjukkan, pengguna Android memiliki tingkat loyalitas pelangan yang cenderung berada di tingkat atas sejak awal 2016. Levelnya saat ini berada di persentase 91%.

Dikutip detikINET dari TechCrunch, Jumat (9/3/2018), angka tersebut sekaligus membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan iOS yang hanya mendapatkan 86%.

Persentase ini didasarkan pada perilaku konsumen di Amerika Serikat pada 2017 yang tetap setia dengan satu sistem operasi setelah mereka memutuskan mengganti ponselnya.

CIRP menggaris bawahi jika tingkat penggantian perangkat berbeda dengan total orang yang mengganti ponselnya.

Pengguna Android Vs iOS, Siapa Lebih Setia?Foto: TechCrunch

Jika dirinci, dari Januari 2016 hingga Desember 2017, loyalitas pengguna Android berada di kisaran 89%-91%. Sedangkaan kesetiaan pemakai iOS memiliki jangkauan yang lebih rendah, yaitu 85%-88%.

"Mengingat saat ini hanya ada dua sistem operasi yang menguasai pasar, para konsumen pun terlihat untuk memilih salah satu, mempelajarinya, membeli perangkatnya, lalu setia pada pilihannya tersebut," ujar Mike Levin, co-founder dari CIRP.

Ia menambahkan, Apple dan Google harus memikirkan cara untuk dapat terus menjual produk dan layanan keduanya kepada para pelanggan setia mereka.

Hal ini pun terlihat dari sikap keduanya yang memang mencoba terus meningkatkan pendapatannya dengan bersumber pada konsumen setianya.

Bagi Apple, pertumbuhan yang ditunjukkan oleh layanan seperti Apple Music, Apple Pay, iCloud, Apple Care, dan App Store mampu membuat mereka menorehkan rekor pendapatan di sektor jasa pada November lalu.

Sedangkan untuk Android, banyaknya ponsel yang mengadaptasi sistem operasi ciptaan Andy Rubin ini membuat para pelanggan setia memiliki keleluasaan dalam mencoba berbagai varian smartphone tanpa menjadi 'pembelot' untuk mencoba pengalaman baru.

Menariknya, jika melihat waktu yang lebih lampau, 2013 misalnya, sejatinya pengguna iOS tampak lebih setia dibanding pemakai Android.

Fenomena tersebut pun mulai berubah pada pertengahan 2014, dan sejak saat itu Android mampu mempertahankan, bahkan meningkatkan, loyalitas konsumennya di atas iOS. (rns/rou)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengguna Android vs iOS, Siapa Lebih Setia? - Detikcom (Siaran Pers)"

Post a Comment

Powered by Blogger.