Search

Perilaku Belanja Aplikasi Pengguna iOS Vs Android - Selular.ID

Jakarta, Selular.ID – Pemilik iPhone menghabiskan uang lebih banyak untuk aplikasi dibandingkan pengguna Android bukanlah fakta baru. Survei terkini yang dilakukan Creative Strategies mengungkapkan perbedaan keduanya secara lebih rinci.

Survei mengumpulkan pendapat dari 800 responden. Pertanyaan yang diajukan mengikuti proses alami yang dilalui pengguna ketika memasuki toko aplikasi dan mulai dengan seberapa sering mereka membuka toko aplikasi di smartphone mereka.

Di antara pengguna iOS, 20% mengatakan mereka memeriksa App Store setiap hari dan 32% melakukannya setiap minggu, sementara hanya 9% pengguna Android mengunjungi Play Store setiap hari dan 21% setiap minggu.

Satu alas an yang mungkin bisa menjelaskan perbedaan itu bahwa semua iPhone dirilis dengan komponen high-end dan bisa menjalankan aplikasi dengan cara yang sama. Sementara itu, banyak smartphone Android berada di segmen low-budget dan pengguna tidak bisa memanfaatkan keragaman aplikasi sepenuhnya, jadi mereka cenderung tidak sering mengunjungi Play Store.

Setiap kali seseorang mencari aplikasi, hanya sekitar 17% pengguna di kedua platform yang mengandalkan fungsi pencarian terintegrasi sebagai alat utama untuk menemukan aplikasi yang dimaksud.

Ketika menggunakannya, sekitar sepertiga pengguna menemukan apa yang mereka cari, tetapi kebanyakan dari mereka mengakui bahwa menggunakan mesin pencari internet memberikan hasil yang lebih baik. Jadi tidak heran jika Google menggunakan AI untuk memberikan rekomendasi aplikasi pribadi kepada pengguna.

Sekarang pengguna telah menemukan apa yang mereka cari, tiba waktunya untuk memutuskan apakah akan mengunduhnya atau apakah harganya sepadan. Ada beberapa perbedaan antara bagaimana orang memilih aplikasi apa yang akan dipasang.

Untuk pengguna Android, faktor yang paling penting, pada 44%, adalah ulasan, sementara 38% pengguna iOS mengatakan fitur menjadi alasan utama.

Untuk aplikasi berbayar, kedua kelompok setuju kalau harga adalah faktor yang paling penting. Sebagian besar pengguna memiliki batas harga tertentu untuk membeli aplikasi berbayar, meski fitur dan ulasannya sangat baik, tidak akan mempengaruhi mereka untuk membeli yang lebih mahal.

Pembelian dalam aplikasi tampaknya bukan masalah besar karena 56% responden iOS dan 64% panelis Android mengatakan mereka diberitahu dengan jelas tentang hal itu.

Pengguna dari kedua sistem operasi sebagian besar (54% iOS dan 47% Android) lebih memilih satu kali pembayaran daripada berlangganan.

38% dari panelis Android membayar untuk kemewahan karena tidak melihat iklan dalam aplikasi, 8% lebih sedikit daripada responden iOS.

Perbedaan terbesar ketika berbicara aplikasi berbayar adalah berapa banyak jumlahnya. Hampir setengah (45%) dari pemilik iPhone yang ditanyai mengatakan mereka memiliki 5 atau lebih aplikasi berbayar atau berlangganan, sedangkan untuk pemilik Android jumlah itu hanya 19%.

Hasil ini tidak mengherankan mengingat iPhone adalah perangkat mahal. Hal ini juga yang membuat pengguna iPhone jarang beralih ke Android karena mereka telah berinvestasi banyak ke ekosistem Apple.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perilaku Belanja Aplikasi Pengguna iOS Vs Android - Selular.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.