Search

Sudah Jangkiti Android, Spyware Exodus Kini Rambah iOS - Detikcom

Jakarta - Setelah menjangkiti perangkat Android, kini spyware Exodus mulai merambah perangkat iOS. Begini penjelasannya.

Menurut peneliti keamanan di Lookout, Exodus untuk iOS ditemukan sejumlah situs phishing yang didesain khusus untuk menipu konsumen dari sejumlah operator seluler di Italia dan Turkmenistan.

Dari hasil temuan itu, Exodus untuk iOS ini adalah versi modifikasi dari Exodus untuk Android namun dengan sejumlah pengurangan. Jika sudah sukses menginfeksi perangkat, Exodus bisa mencuri kontak, foto, video, rekaman audio, informasi GPS, dan lokasi perangkat.

Si penyerang pun bisa menyuruh spyware ini untuk merekam audio secara real time. Kesamaannya dengan varian Androidnya adalah Exodus untuk iOS ini juga mengunggah data curiannya ke server yang sama.

Perlu diingat, Exodus ini bisa menyebar ke iOS jika pengguna menginstal aplikasi dari tempat selain App Store. Mereka memanfaatkan sertifikat enterprise yang mendapat izin dari Apple agar bisa menginfeksi perangkat iOS.

Namun kini Apple sudah menarik izin sertifikat tersebut, dan seharusnya spyware ini sudah tak bisa beroperasi lagi, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (10/4/2019).

(asj/krs)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sudah Jangkiti Android, Spyware Exodus Kini Rambah iOS - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.