Search

187 Ribu Aplikasi 32-bit di App Store Tidak Kompatibel dengan iOS 11 - Droidlime.com

Dalam beberapa minggu ke depan, Apple akan meluncurkan sistem operasi mobile terbarunya, iOS 11. Kabar terburuk, iOS 11 tidak lagi mendukung aplikasi 32-bit dan akibatnya sekitar 187 ribu aplikasi di App Store tidak kompatibel dengan sistem operasi baru tersebut.

Namun, aplikasi-aplikasi tersebut kemungkinan besar tetap dipertahan di App Store sehingga pengguna perangkat Apple, baik iPhone, iPad, maupun iPod Touch yang tidak mendapatkan atau tidak mau upgrade ke iOS 11 tetap bisa menggunakannya.

Seiring berjalannya waktu, Apple nantinya secara resmi juga akan menghapus semua aplikasi 32-bit tersebut. Bahkan firma analis aplikasi Sensor Tower menyebutkan bahwa sebagian besar aplikasi 32-bit yang ada di App Store merupakan game.

Disebutkan, sebanyak 38.619 aplikasi yang berada di dalam kategori game tidak akan didukung oleh iOS 11. Setelah game, aplikasi 32-bit lainnya yang cukup besar berada di dalam kategori education, entertainment, dan lifestyle.

Untuk memeriksa aplikasi-aplikasi apa saja yang masih mengusung 32-bit, pengguna bisa membuka lewat menu Settings > General > About > Applications. Nantinya tanda 32-bit akan muncul pada semua aplikasi yang masih mengadopsi arsitektur pemrograman ini.

Bisa dibilang 187 ribu aplikasi 32-bit tidaklah begitu banyak. Pasalnya, pada bulan Oktober 2009, App Store hanya memiliki 100 ribu aplikasi dalam raknya. Kini, Sensor Tower menyebutkan bahwa marketplace milik Apple tersebut sudah memiliki sekitar 2,4 juta aplikasi.

Sebenarnya pada bulan Januari tahun ini, Apple sudah mengirim pesan peringatan di iOS 10.3 beta 1 ketika hanya aplikasi 32-bit tertentu yang bisa dibuka. Hal ini juga mengindikasikan bahwa Apple juga meminta para developer untuk membenahi aplikasi buatannya ke arsitektur 64-bit.

Dengan keinginan para developer tersebut untuk berbenah, dapat dipastikan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut nantinya akan kompatibel dengan iOS 11. Apple juga berharap, pengguna iOS mau memberi tekanan yang sama ke para developer mengenai hal ini.

Sayangnya tidak ada statistik yang memberi gambaran lebih jelas, hingga kini sudah berapa banyak developer iOS yang mengikuti anjuran Apple tersebut untuk memodernisasi aplikasi buatannya dari arsitektur 32-bit ke 64-bit.

(last edit: 28 August, 2017 / 11:19 am)

Bagaimana menurut Anda?
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "187 Ribu Aplikasi 32-bit di App Store Tidak Kompatibel dengan iOS 11 - Droidlime.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.