Search

Waspada, Malware Ini Bisa Menyerang Smartphone Android dan iOS - Tekno Tempo

TEMPO.CO, Siem Reap - Tim peneliti dari Kaspersky Lab mengingatkan bahwa ada malware yang berhasil menyusup ke jutaan smartphone Android di Asia. Malware itu bernama "Roaming Mantis".

Baca juga: Eropa Diserang Malware, Rusia dan Ukraina Paling Terdampak

"Bahkan, malware ini berevolusi. Punya kemampuan yang lebih canggih," kata senio researcher Global Research and Analysis Team (GReAT) Kaspersky Lab Asia Pacific, Suguru Ishimaru, dalam konferensi Cyber Security Weekend yang digelar di Siem Reap, Kamboja, 19-22 September 2018.

Kecanggihan yang dimaksud ialah malware ini juga mampu menyusup ke smartphone berbasis iOS. Ishimaru menjelaskan, malware ini akan menyusup jika perangkat Anda terhubung dengan smartphone atau laptop yang sebelumnya sudah terkena phising. Ishimaru menjelaskan, target operasinya adalah menggali data cryptocurrency yang ada di smartphone korban.

Baca juga: Siapa Bilang MacOS Aman dari Hacker? Simak Laporan Kaspersky Ini

Mulanya, Ishimaru menjelaskan, malware ini hanya dioperasikan dalam empat bahasa. Kini, kata dia, sudah mencakup 27 bahasa, termasuk bahasa-bahasa di Eropa, Timur Tengah, dan Indonesia.

Ishimaru mengatakan, para hacker pun kini mulai menggunakan berbagai cara untuk menyusupkan malware tersebut. "Mereka mencari teknik yang paling banyak menghasilkan uang lebih cepat," kata dia. Misalnya, modifikasi halaman web dan menggunakan situs phising, baik dari Apple maupun penambang cryptocurrency.

Mulanya, teknik yang dipakai ialah membajak sistem DNS dari router wi-fi publik dengan memasukkan trojan bernama facebook.apk atau chrome.apk. Menurut Ishimaru, roaming mantis juga dikenal sebagai MoqHao atau XLoader.

Baca juga: Malware Ini Bertahun-tahun Infeksi Komputer Mac Tanpa Terdeteksi

Simak artikel menarik lainnya tentang malware di Android dan iOS lainnya hanya di kanal Tekno Tempo.co.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waspada, Malware Ini Bisa Menyerang Smartphone Android dan iOS - Tekno Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.