Search

Ini Perbedaan Kebiasaan Belanja Aplikasi Pengguna Android vs iOS - iNews

JAKARTA, iNews.id - Guna mengetahui bagaimana konsumen melihat dan menghabiskan waktu di App Store, sekelompok peneliti melakukan survei kepada 800 pengguna smartphone di Amerika Serikat (AS).

Survei yang dilakukan oleh Creative Strategies mengungkapkan detail tentang perbedaan antara pengguna Android dan iOS. Untuk mewakili kelompok statistik, Creative Strategies mengumpulkan pendapat 800 pengguna smartphone di AS.

Pertanyaan yang diajukan mencakup seberapa sering pengguna membuka toko aplikasi khusus di perangkat mereka masing-masing.

Di antara pengguna iOS, sebanyak 20 persen mengatakan, mengecek App Store setiap hari dan 32 persen melakukannya setiap minggu. Jumlah ini dibandingkan dengan pengguna Android, yang hanya Sembilan persen menelusuri Play Store setiap hari dan 21 persen setiap mingguan.

Melansir Phone Arena, Sabtu (21/7/2018), satu penjelasan yang mungkin untuk perbedaan tersebut ialah iPhone dirilis dengan komponen high-end dan bisa menjalankan aplikasi dengan cara yang sama. Sementara Android, banyak ponsel berada di segmen budget dan pengguna tidak bisa memanfaatkan sepenuhnya keragamanan aplikasi, sehingga mereka cenderung jarang mengunjungi Play Store.

Setiap kali mencari aplikasi, hanya sekitar 17 persen pengguna di kedua platform yang mengandalkan fungsi pencarian terintegrasi sebagai alat utama untuk menemukan yang tepat. Saat menggunakannya, sekitar sepertiga dari semua pengguna menemukan apa yang mereka cari, tapi kebanyakan dari mereka mengakui, menggunakan mesin pencari internet memberikan hasil yang lebih baik.

Setelah menemukan aplikasi yang dicari, tampaknya tidak semua pengguna memutuskan untuk mengunduhnya. Sebab, ada beberapa indikator yang memengaruhi seseorang untuk mengunduh aplikasi yang dicarinya atau tidak.

Untuk pengguna Android, faktor yang paling penting ialah ulasan (44 persen). Sementara 38 persen pengguna iOS mengatakan, fitur sebagai pendorong utama keputusan menginstal aplikasi tersebut atau tidak.

Berbicara tentang aplikasi berbayar, kedua grup setuju harga sebagai faktor penting. Sebagian besar pengguna memiliki jumlah uang yang telah dianggarkan untuk membayar aplikasi dan faktor seperti fitur dan ulasan yang baik tidak akan memengaruhi mereka membeli aplikasi yang lebih mahal.

Adanya in-app purchases tampaknya bukan menjadi masalah besar. Pengguna dari kedua sistem operasi sebagian besar (54 persen iOS dan 47 persen Android) lebih memilih satu kali pembayaran dibandingkan berlangganan.

Sebanyak 38 persen dari panelis Android membayar untuk keistimewaan tidak melihat iklan dalam aplikasi, delapan persen lebih sedikit dibandingkan panelis iOS. Perbedaan ini mungkin karena seberapa banyak pengguna mereka.

Hampir setengah (45 persen) pemilik iPhone yang ditanyai mengatakan, mereka memiliki lima atau lebih aplikasi berbayar atau berlangganan. Sedangkan untuk pemilik Android, jumlahnya hanya 19 persen.

Editor : Dini Listiyani

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Perbedaan Kebiasaan Belanja Aplikasi Pengguna Android vs iOS - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.