Search

Apple Cabut Sertifikat Facebook di iOS - Medcom ID

Jakarta: Apple telah menghapus kemampuan Facebook untuk mendistribusikan aplikasi iOS internal. Versi awal Facebook, Instagram, Messenger, dan aplikasi beta eksperimen Facebook telah berhenti berfungsi.
 
Penutupan akses ini menjadi tanggapan Apple terkait dengan pemberitaan yang menyebut bahwa Facebook telah menggunakan program Apple untuk mendistribusikan aplikasi internal, guna melacak konsumen remaja melalui aplikasi yang diklaim untuk penelitian.
 
Aplikasi penelitian ini didistribusikan melalui App Store menggunakan program enterprise Apple, memungkinkan pengembang menggunakan sertifikat khusus guna menginstal aplikasi lebih canggih ke dalam, iPhone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Sayangnya, aplikasi pelacak yang seharusnya digunakan oleh pegawai perusahaan ini didistribusikan Facebook kepada konsumen. Facebook berjanji akan menghentikan operasionalisasi aplikasi tersebut. Facebook mengaku penghapusan ini memengaruhi aplikasi internal, dan dilaporkan tengah berupaya menepati janjinya dan mengatasi permasalahan ini secara internal, sebab sejumlah pegawai menyebut aplikasi ini tidak lagi dapat mereka akses melalui iPhone.
 
Apple menyediakan alat lain yang dapat digunakan perusahaan untuk menginstal aplikasi secara internal, sedangkan program Apple menjadi solusi utama untuk sebagian besar aplikasi dan layanan yang didistribusikan secara internal.
 
Apple juga menyebut bahwa Facebook telah memahami dengan jelas terkait dengan kesepakatan mereka dengan pihaknya.
 
Apple menegaskan bahwa pengembang yang melanggar kesepakatan akan menerima ganjaran berupa pencabutan sertifikat distribusi, sebagai bentuk perlindungan Apple terhadap data pengguna perangkat iOS.
 
Mencabut sertifikat distribusi tidak hanya menghentikan distribusi aplikasi pada platform sistem operasi, juga menjadikan aplikasi tidak dapat diakses dan berfungsi. Keterkaitan sejumlah perusahaan dengan satu sertifikat, juga disebut berpotensi menambah masalah Facebook.
 
Sebelumnya Apple telah memberikan tanggapan terkait dengan keterlibatan Facebook dalam insiden yang terkait dengan kebocoran data pengguna melalui pernyataan yang diungkapkan oleh CEO Apple, Tim Cook. Pencabutan sertifikat ini merupakan tindak tegas pertama yang dilakukan Apple kepada Facebook.
 

(MMI)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apple Cabut Sertifikat Facebook di iOS - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.