Search

Fitur baru iOS 11 untuk iPhone dan iPad - CNN Indonesia

Apple resmi merilis iOS 11 dengan sejumlah fitur baru. Sistem operasi ini disebut-sebut memberi perubahan signifikan dari versi sebelumnya, baik untuk iPhone maupun iPad.

Salah satu fitur barunya terletak pada kemampuan screenshot. Setelah melakukan screenshoot, pengguna bisa melakukan proses pengeditan terlebih dahulu. Tersedia toolbar dengan pilihan pena, stabilo, atau pensil, untuk mencoret-coret hasil tangkapan layar.

Pengguna juga bisa menghapus, memotong, memperbesar, mengubah font, dan atau menambah bentuk 2D yang diinginkan. Tak cuma satu, pengguna juga bisa langsung mengedit beberapa screenshot sekaligus, seperti ditulis Bustle.


Selain fitur screenshoot, fitur peta di iOS 11 kini juga bisa memberikan panduan lokasi dalam bangunan. Ini berarti pengguna bisa mengecek lokasi restoran favorit ketika ada di mall atau bandara yang tak dikenal.

Pembaruan juga dilakukan di Maps. Kini terdapat panduan jalan yang memberikan petunjuk jalur mana yang mesti diambil. Sehingga, pengguna tak bingung dengan petunjuk suara di Maps ketika ada banyak jalur yang tampak didepan, demikian MacRumors. Dua fitur baru di Apple Maps ini sudah terlebih dulu disesiakan oleh Google Maps. 

Pembaruan kemampuan multitasking pada iOS 11 di iPad membuat perangkat ini lebih fungsional sebagai pengganti laptop. Dock diperbarui sehingga pengguna bisa mengintip bagian dalam aplikasi tanpa membukanya.

Fitur baru iOS 11 untuk iPhone dan iPadPembaruan pada iOS 11 membuat pengguna iPad bisa mengintip isi aplikasi yang ada di dock tanpa membukanya (dok. screenshot Apple.com)

Ada juga fitur Drag and Drop untuk meluncurkan aplikasi dalam layar terpisah. Saat dua aplikasi dibuka, pengguna bisa mentransfer teks, foto, tautan, file, dan lainnya. Fitur ini mungkin nantinya akan tersedia juga untuk iPhone.
Fitur baru iOS 11 untuk iPhone dan iPadPembaruan iOS 11 juga memberikan kemampuan multiple window dan kemampuan drag and drop antar jendela.  (dok. Screenshoot Apple.com)

Kibor juga diperbarui. Kini pengguna tak perlu membuka kibor lapis kedua untuk mengetikkan simbol dan tanda baca. Cukup geser jari ke bawah pada tombol yang sesuai untuk mengetik simbol dan tanda baca.

Fitur baru iOS 11 untuk iPhone dan iPadKibor pada iOS 11 sudah memasukkan tanda baca di layer pertama. Untuk mengetik simbol dan tanda baca, cukup geser kebawah pada tombol yang sesuai. dok. Screenshoot Apple.com

Kamera dengan mode potrait yang mendukung stabilisasi gambar optik, HDR, dan kilat True Tone. Format penyimpanan video dan foto juga menggunakan standar baru, HEIF (High Efficiency Image Format) dan HEVC (High Efficiency Video Codec).

Fitur Instant Markup pada iPad membuat pengguna bisa menggunakan Apple Pencil untuk menulis catatan di layar PDF dan foto. Bahkan bisa langsung menulis saat layar terkunci. Catatan akan otomatis tersimpan di Notes.


Beberapa fitur pada iOS 11 dibuat khusus untuk iPhone X, yakni animoji. Emoji yang dibuat hidup mengikuti ekspresi wajah dengan cara memindai menggunakan TrueDepth kamera 3D.

Tak semua perangkat iPhone mendapat pembaruan iOS 11. Software anyar ini diperkirakan belum stabil untuk perangkat iPhone 6 kebawah. Bagi para pengguna perangkat tersebut, mungkin perlu bersabar hingga pembaruan minor berikutnya agar sistem operasi ini lebih stabil. </span> (mel)

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fitur baru iOS 11 untuk iPhone dan iPad - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.